Kejari Kapuas Hulu Laksanakan Pemusnahan Ribuan Botol berisikan Miras

Senin,04 Maret 2019 Sekitar pukul 14.30 Wib, Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu melaksanakan Pemusnahan Barang bukti Miras Perkara Tindak Pidana “Menjual Atau Menyediakan Untuk Dijual Barang Yang Kena Cukai Tanpa Dilengkapi Dengan Pita Cukai Atau Tanda Pelunasan Cukai Lainnya“, antara lain :

  1. 33 (tiga puluh tiga) Kotak / 1584 (seribu lima ratus delapan puluh empat) botol minuman beralkohol 40% merk Benson;
  2. 30 (tiga puluh) Kotak/ 720 (tujuh ratus dua puluh) botol minuman beralkohol 4.6% merk Kingway.

Pemusnahan Barang bukti tersebut disaksikan oleh Pejabat-pejabat terkait yaitu sebagai berikut : 

  1. Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu yaitu Bapak SLAMET RIYANTO, SH. MH, bersama-sama dengan Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus pada Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu yaitu Bapak RICKI RIONART PANGGABEAN, SH. MH.Li yang juga merupakan JPU dalam perkara ini serta disaksikan juga oleh JPU lainnya pada Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu;
  2. Perwakilan Pengadilan Negeri Putussibau yaitu Bapak DOUGLAS R. NAPITUPULU, SH. MH.;
  3. Perwakilan dari Penyidik Bea dan Cukai Nanga Badau yaitu Bapak JUFRI SANUSI, SH yang merupakan Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Nanga Badau Kab. Kapuas Hulu.

Minuman Keras (Miras) tersebut merupakan Penindakan yang dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Nanga Badau Kab. Kapuas Hulu pada tanggal 02 Mei 2018 sekira pukul 10.00 wib terhadap Sdr. JULI TONI Als AJO. Setelah melakukan Penindakan kepada Pelaku yaitu JULI TONI Als AJO kemudian Penyidik Bea dan Cukai Nanga Badau melimpahkan Berkas Perkara ke Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu pada Bidang Pidana Khusus setelah sebelumnya Berkas Perkara dinyatakan Lengkap oleh JPU, Kemudian Tim JPU melimpahkan Berkas Perkara Cukai tersebut ke Pengadilan Negeri Putussibau. Setelah melakukan Pemeriksaan di Persidangan baik terhadap saksi-saksi, Ahli dan terdakwa kemudian Hakim Pengadilan Negeri Putussibau yang menyidangkan perkara terdakwa JULI TONI Als AJO dengan Amar Putusan yaitu sebagai berikut :

  1. Menyatakan Terdakwa JULI TONI Als AJO telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana “Menjual Atau Menyediakan Untuk Dijual Barang Yang Kena Cukai Tanpa Dilengkapi Dengan Pita Cukai Atau Tanda Pelunasan Cukai Lainnya“;
  2. Menjatuhkan Pidana terhadap Terdakwa JULI TONI Als AJO oleh karena itu dengan Pidana Penjara selama 1 (satu) tahun dan Denda membayar Cukai sebanyak 3 (tiga) kali lipat dari Cukai yang tidak dibayar sebesar Rp. 121.556.160,- (seratus dua puluh satu juta lima ratus lima puluh enam ribu seratus enam puluh rupiah) dengan ketentuan apabilan denda tersebut tidak dibayar diganti dengan kurungan selama 2 (dua) bulan;
  3. Menetapkan lamanya masa Penangkapan dan Penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
  4. Memerintahkan terdakwa tetap berada dalam tahanan;
  5. Menetapkan barang bukti berupa :
  6. 33 (tiga puluh tiga) Kotak / 1584 (seribu lima ratus delapan puluh empat) botol minuman beralkohol 40% merk Benson;
  7. 30 (tiga puluh) Kotak/ 720 (tujuh ratus dua puluh) botol minuman beralkohol 4.6% merk Kingway.

Dirampas untuk dimusnahkan.

  • 1 (satu) unit Kenderaan roda 4 (empat) Toyota jenis Kijang Innova warna Hitam No.Pol L 1748 YL dengan nomor mesin 1TR6010865 nomor rangka MHFXW430144003358.
  • STNK  Nomor 16929937/ JT Atasnama Ors. Sumat alamat Dusun Kebonagung RT/RW 01/ 07 Kel. Kebonagung Kec.Purwerejo, Surabaya.
  • 1 (satu) buah Kunci Mobil

Dikembalikan kepada Terdakwa JULI TONI Als AJO

  • Membebani terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp. 3.000,- (tiga ribu rupiah).

Setelah Berkas Perkara Tindak Pidana “Menjual Atau Menyediakan Untuk Dijual Barang Yang Kena Cukai Tanpa Dilengkapi Dengan Pita Cukai Atau Tanda Pelunsan Cukai Lainnya” An. Terpidana JULI TONI dinyatakan terbukti dimana Terdakwa maupun JPU menerima Putusan tersebut dan tidak ada Upaya hukum Banding baik dari Terdakwa maupun JPU kemudian Perkara tersebut dinyatakan Berkekuatan Hukum Tetap (inkracht van gewijsde).

Terkait Pemusnahan Barang bukti tersebut dilakukan dengan cara yaitu Membuka Tutup Botol Miras Kingway dan Benson kemudian dituangkan di dalam Lubang yang sudah digali/ disiapkan sebelumnya setelah Air dalam Minuman Keras tersebut habis tertuang dalam lubang yang digali tadi kemudian Botol/ Kemasan Minuman keras dibuang kedalam Lubang tersebut, setelah Minuman Keras tersebut habis dituangkan semuanya Kemudian Lubang yang berisi Minuman Keras yang sudah kosong ditutup kembali menggunakan tanah yang berasal dari mengali lubang sebelumnya.

Adapun salah satu Tujuan Pemusnahan Barang bukti Minuman Keras tersebut dilakukan selain melaksanakan Putusan Pengadilan kemudian dikhawatirkan Minuman Keras tersebut disalahpergunakan oleh Oknum dengan cara dikonsumsi ataupun dengan cara dijual. Ucap Ricki Rionart Panggabean, SH. MH.Li Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu.

author
No Response

Leave a reply "Kejari Kapuas Hulu Laksanakan Pemusnahan Ribuan Botol berisikan Miras"